Gereja Katholik Santo Stefanus Belawan
Lakukan sesuatu yang kamu anggap baik, jangan pernah gagalkan biarkan jiwamu bekerja. Berbuat lebih baik dari tidak,permulaan memang sangat sulit tapi kalau sudah dijalanin akan mengasikkan. Coba deh....
Blog ini dalam pengembangan, mohon saran dan ide yang membangun, serta ikut serta dalam menyumbangkan tulisannya

Santo Stefanus WIKIPEDIA Version

Santo Stefanus, yang dikenal sebagai Protomartyr (atau martir pertama) dalam Kekristenan, dihormati sebagai seorang santo dalam Gereja Katolik serta Gereja Ortodoks. Hari peringatannya secara historis dirayakan pada tanggal 3 Agustus, memperingati penemuan (Bahasa Latin: inventio) jenazahnya pada masa pemerintahan Kaisar Flavius Augustus Honorius.

Diakon Kristen
Menurut Kisah para Rasul, dalam kurun waktu awal keberadaan jemaat Kristen di Yerusalem (setelah kematian Yesus), Stefanus adalah salah satu dari ketujuh pria, kemungkinan besar seorang Yahudi Helenistis, yang dipilih untuk mengurus distribusi bantuan bagi janda-janda tua dalam komunitas jemaat. (Peranan ini kemudian dikenal sebagai diakon.) Stefanus juga dikenal karena karunia-karunia yang dimilikinya sebagai seorang penginjil (evangelis), mengkhotbahkan ajaran-ajaran Yesus kepada khalayak Yerusalem, termasuk kepada anggota-anggota sinagoga Helenistis.
Kesyahidan
Kisah para Rasul mengisahkan bagaimana Stefanus diadili oleh Sanhedrin dengan dakwaan hujat terhadap Nabi Musa dan Allah (Kis.6:11) serta berkata-kata menentang Bait Allah dan Hukum Taurat (Kis.6:13-14). Hukuman yang diterimanya adalah dirajam sampai mati kira-kira antara tahun 34-35 Masehi oleh sekelompok massa yang marah dipanas-panasi oleh Saulus dari Tarsus, yang kelak dikenal sebagai Santo Paulus (Kis.8:1).
Khotbah terkhir yang disampaikan Stefanus ditujukan sebagai tundingan terhadap kaum Yahudi karena telah membunuh nabi-nabi mereka serta menjadi pembunuh Kristus (Kis.7:52)
Nama Stefanus berasal dari Bahasa Yunani Stephanos, artinya "mahkota", yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Aram menjadi Kelil. Santo Stefanus secara tradisional digelari mahkota kemartiran Kristen dan kerap dilukiskan dalam seni dengan tiga buah batu beserta dahan palem para martir. Dalam ikonografi Kristen Timur dia digambarkan sebagai seorang pria muda tanpa janggut dan ber-tonsura (cukuran di kepala biarawan Kristen), mengenakan vestimentum (busana liturgi) diakon, dan kerap menggenggam sebuah miniatur gedung gereja serta incensarium (pedupaan).
Teofani
Menjelang ajalnya, Stefanus mengalami suatu teofani (penampakan Allah kepada manusia). Teofani yang dialaminya bersifat unik karena dia menyaksikan baik Sang Bapa maupun Sang Putera.
"Aku melihat langit terbuka, dan Anak manusia duduk di sebelah kanan Allah." (Kis. 7:56)

Hari Santo Stefanus
Tanggal 26 Desember, "perayaan Santo Stefanus" disebut-sebut dalam kidung Natal Good King Wenceslas (Raja Wensislaus yang baik), disebut sebagai "Hari Santo Stefanus". Hari tersebut merupakan hari libur nasional di Republika Srpska, Irlandia, Italia, Austria dan Finlandia. Hari Santo Stefanus dirayakan pada tanggal 27 Desember di Romania dan negeri-negeri Ortodoks Timur lainnya. Di Catalunya (meskipun tidak demikian halnya di daerah-daerah lain di Spanyol) Hari tersebut dinamakan "Sant Esteve" dan merupakan hari libur bank (bank holiday, disebut demikian karena pada hari tersebut kegiatan perbankan tidak diizinkan oleh hukum). Hari tersebut dinamakan "Saint Étienne" di Perancis dan menjadi hari libur bank di Alsace dan Moselle saja.
Tanggal 26 Desember juga merupakan hari libur di Ligao City, Filipina, yang merayakan fiesta (pesta, festival) sebagai penghormatan kepada Santo Stefanus Protomartyr, santo pelindung kota itu.
Kultus Santo Stefanus
Banyak gedung gereja menggunakan namanya untuk menghormati Santo Stefanus, namun tidak ada "makam St. Stefanus" yang resmi sampai tahun 415. Ketika para peziarah Kristen dalam jumlah besar sedang menuju Yerusalem, seorang imam bernama Lucianus berkata telah mendapat penglihatan bahwa makam St. Stefanus terletak di Kafar Gamala, beberapa jarak jauhnya dari Utara Yerusalem. Gregorius dari Tours melaporkan bahwa karomah St. Stefanus melindungi sebuah sebuah oratorium yang didedikasikan kepadanya di Metz tatkala seluruh kota itu dibumihanguskan oleh bangsa Hun, pada malam Paskah, tahun 451. Satu-satunya bangunan yang tetap utuh hanyalah oratorium itu, yang di dalamnya tersimpan relikuinya (Historia Francorum ii.6).
Tempat-tempat peringatan
• Di Yerusalem Timur, Israel - Gereja St. Steven
• Di kota tua Yerusalem - "Gerbang Singa" disebut pula Gerbang Santo Stefanus, karena menurut tradisi Stefanus dirajam di tempat tersebut, meskipun kemungkinan besar peristiwa itu berlangsung di Gerbang Damsyik [1]
• Di desa Kafarbe, sebelah Tenggara Turki - Gereja Mor Stephanus
Referensi
• Latourette, Kenneth Scott (1975). "The Sweep of Christianity Across the Græco-Roman World". A History of Christianity (1st paperback edition ed.). New York: Harper & Row. pp. 67–68. ISBN 0060649526.



0 comments:

**** Divisi Multimedia **** Mudika Santo Stefanus Belawan JL. KARO NO. 14 BELAWAN

***** INFO GEREJA *****

1. Doa Mudika Diadakan setiap Minggu ke Dua dan ke Empat setiap bulannya, dilaksanakan di rumah angota Mudika St Stefanus Belawan dan dilakukan secara bergiliran 2. Latihan Koor dilaksanakan setiap hari Jumat, setelah misa Jumat malam, pukul 20.00 Wib dan Hari Minggu, setelah Ibadah Mingu pagi pukul 10.00 wib 3. Latihan Futsal Dilaksanakan setiap hari Rabu Malam Pukul 19.00 Wib, bertempat di Lapangan Futsal BRONS, di depan PERTAMINA, Labuhan Deli 4. Latihan Volley Dilaksanakan setiap hari Mingu Pukul 16.00 Wib, bertempat di Lapangan Volley PERIKANAN Gabion ( dekat Rumah Bpk Marthin Sadipun ) 5. Pd tgl 22-23 Mei,,MUDIKA St.Stefanus Belawan akan Rekoleksi diCinta alam,,ada sgudang kgiatan yg tlah dperSiapkan.. Biaya/org dkenakan Rp.65000..dbyar ke Uli br.silalahi.. Apabila tmN2 mudika skalian ada memiliki suatU kgiatan,dpt dsampaikan kpd KtUa Mudika St.SteFanus belawan (saudara Felix). . Horas. . . (DIHARAPKAN SELURUH MUDIKA UNTUK MENGIKUTI SELURUH KEGIATAN DIATAS)

Admin Blog Santo Stefanus Belawan

Horas Sobat Kristus

Anda Pengunjung Ke

Followers


Our Blog List

Negara Pengunjung

free counters

Pengunjung

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Jawaban Ku Headline Animator